Kamis, 23 Februari 2012

Korosi pada pin Isolator 150kV (penggantian Isolator 150 kV)

Isolator Keramik


Isolator adalah suatu peralatan instalasi tenaga listrik yang berfungsi sebagai pemisah bagian yang bertegangan  dengan bagian yang tidak. Pada tower suspension 150 kV isolator selain memisahkan bagian yang bertegangan dan yang tidak bertegangan (ground, tanah) mempunyai fungsi
lain sebagai penahan beban berat penghantar (konduktor) yang terpasang pada rangkaian isolator tersebut.

Rangkaian Isolator adalah susunan beberapa isolator yang tersambung dengan pin isolator sebagai sambungan antar isolator. Jadi jika pin isolator mengalami korosi dan adanya gaya tarik berat beban penghantar (konduktor) dapat mengakibatkan pin isolator tersebut putus/patah. kejadian ini yang terjadi pada tower no.7 arah Manggar sari - Industri. berikut penampakannya:


Konduktor Fasa R lepas dari rangkaian Isolator


Hampir putus














Pin isolator yang putus dari rangkaian isolator
        Jalur transmisi tower 150 kV Manggar sari arah Industri melewati daerah pesisir pantai yang mengakibat tingkat korosi yang tinggi pada baut, body, dan pin isolator tower 150 kV. Pin isolator 150 kV mengalami korosi yg parah dan putus dari rangkaian isolator mengakibatkan konduktor jatuh bebas ke tanah dan  menyebabkan blackout partial. beginilah penampakan contoh pin isolator temennya yg hampir putus juga:
Pin isolator yang mengalami korosi
Dilakukan pekerjaan penggantian isolator dan pengangkatan konduktor lagi keatas pada tower 7. Ini foto penampakannya :
Penggantian Isolator dan Penarikan kembali konduktor keatas
  Dan ahirnya...eeng..iiing..eng..jreeeng..jrengg..jrrreeenggg...Dilakukan penggantian isolator-isolator yang mengalami korosi pada tower-tower sepanjangan jalur Manggar sari-Industri. dengan total jumlah tower 43. Beginilah video wong TheGhalz melaukan penggantian isolator 150 kV:


        Proyek Penggantian Isolator 150kV...Proyek dikerjakan dengan waktu kurang dari 2 minggu.. Tower Manggar Sari arah Industri..Pertama kali turun rasanya jantung berdebar debar ..dag.. dig.. dug.. , kedua kaki agak lemas..., pikiran konsen ke pijakan kaki.... saiki malah ketagihan.. kepengin neh.. kapan yo enek kejadian ngono neh..eh, ini lain do'a loh..wkwkwkwwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar